Wednesday, February 26, 2014

Usaha Modal Kecil - Adakah yang Cepat dan Instan?

WA/SMS/Call : 089-775775-07 / Pin BB : 2B51010B | Usaha Makanan Modal Kecil, Usaha Sampingan, Bisnis Rumahan, Peluang Usaha Modal Kecil, Bisnis Rumahan, Peluang Usaha Modal Kecil, Peluang Usaha Terbaru, Peluang Usaha Rumahan, Peluang Usaha Makanan.

Banyak sekali peluang usaha. Banyak juga diantaranya yang memiliki janji cepat dan mudah. Berikut saya coba kutip dari tulisan pak Roni, owner manetvision.
Setiap jamannya, selalu ada saja muncul bisnis-bisnis atau investasi baru dengan janji-janji yang muluk, mulai dari cepat kaya, untung cepat, bisa jalan sendiri, passive income dan sebagainya.

Polanya sama, memainkan faktor emosional prospeknya yang biasanya selalu tergiur dengan uang banyak dan kekayaan yang didapat dengan cepat dan mudah.

Maka ramailah jagat internet, sosial media, BBM, Whatsapp dengan tawaran bisnis ini. Serta merta teman, kerabat, saudara menjadi anggota bisnis ini dan dengan gegap gempita berebut merekrut kita, supaya tidak keduluan yang lain.

Saya jadi bingung. Ini bisnis apa? Produknya apa? Kok merekrutnya yang lebih kencang daripada menjelaskan nilai dan menjual produknya itu sendiri? Bagaimana kapasitas dan akuntabilitas manajemennya? Bagaimana legalitasnya?

Saya memang "bodoh" dengan model bisnis canggih seperti ini. Otak saya nggak nyampe untuk menghitung potensi bisnis seperti ini. Saya hanya paham sektor riil. Beli bahan, jahit dan jual.

Sektor riil ini memang tidak cepat kayanya. Harus kerja keras. Perlu proses. Harus sabar. Risiko juga lumayan. Tidak ada jaminan sukses. Dan setiap hari harus bergelut dengan masalah operasional dan kenaikan biaya yang mumet.

Tapi buku-buku rujukan yang saya baca juga demikian isinya. Mulai dari Michael Porter, Jack Welch, Jim Collins, sampai Ram Charan, yang ditulis ya begitu. Semua bicara proses, strategi, manajemen, kualitas produk dan sebagainya. Tidak ada yang bicara soal kaya dengan cepat lantas ongkang-ongkang kaki.

Itulah yang alami menurut saya. Sunatullah bahasa agamanya. Ada proses. Ada masa membuka lahan, menanam benih, menyiram, memupuk, merawat, baru setelah itu memanen.

Memang proses itu bisa dipercepat dan dipertinggi kualitasnya. Dengan rekayasa bioteknologi misalnya, buah-buahan bisa cepat panen, begitu cantik, montok, anti hama dan enak. Tapi risiko di baliknnya juga bukan sembarangan. Perusahaan Monsanto didemo terus karena rekayasa yang dilakukannya membahayakan ummat manusia. Artinya, di balik rekayasa percepatan itu ada risiko yang mengikutinya. Publik harus tahu itu.

Saya juga meyakini bahwa tawaran bisnis yang mengakali hukum alam itu juga terselip risiko yang tidak main-main di baliknya.

Badroni Yuzirman
Untuk yang belum memiliki bisnis atau sudah memiliki bisnis makanan ringan, bisa cobain HaroHaro Makaroni, keripik makaroni pedas yang pasti diminati banyak orang dan bikin ketagihan. Inidalah peluang usaha makanan modal kecil yang real. Siapkah anda memulainya?

No comments:

Post a Comment